Samarinda, 5 Maret 2025 – Kepala Divisi Pelayanan Hukum Kantor Wilayah Kementerian Hukum Kalimantan Timur, Hanton Hazali, menegaskan komitmen yang kuat dalam meningkatkan kualitas layanan Administrasi Hukum Umum (AHU) di wilayah Kalimantan Timur. Dalam rapat evaluasi dan penguatan tugas serta fungsi (tusi) bersama Bidang Pelayanan AHU, Hanton mengapresiasi upaya tim AHU yang terus berinovasi meskipun di tengah kebijakan efisiensi anggaran.
Kehadiran Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Santi Mediana Panjaitan, serta para pejabat fungsional dan tim helpdesk AHU, menjadi momentum penting untuk mengevaluasi pencapaian dan menetapkan langkah strategis ke depan. Salah satu program yang diapresiasi adalah Belajar Bersama AHU, yang dinilai sebagai langkah progresif dalam meningkatkan pemahaman masyarakat dan kompetensi sumber daya manusia (SDM) di bidang hukum.
Hanton menekankan pentingnya menjaga standar pelayanan prima kepada masyarakat dengan tetap menjaga kualitas meskipun ada keterbatasan anggaran. Layanan fidusia, perseroan perorangan, dan social enterprise menjadi fokus utama yang harus dioptimalkan sebagai bagian dari transformasi layanan hukum berbasis digital. Hal ini sejalan dengan arahan dari Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat.
Sebagai bagian dari evaluasi dan transparansi, Hanton juga mengarahkan pembuatan buletin bulanan yang akan menjadi sarana refleksi sekaligus dokumentasi kegiatan AHU dalam satu bulan. Dengan harapan, buletin ini dapat meningkatkan koordinasi dan memberikan gambaran yang lebih jelas tentang perkembangan layanan hukum di Kalimantan Timur.
Pesan terakhir Hanton mengingatkan tim AHU untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat, bahkan dalam keterbatasan anggaran. "Justru di situlah tantangan kita untuk terus berkembang dan mencari solusi," ujarnya.